Kamis, 20 Januari 2011

Awal Tugasku Sebagai TPL

bismillah,,..

13 Januari 2011
Awal aku melaksanakan tugas sebagai TPL IKM di tahun yang baru.. sebenarnya, tugas ini sudah harus dilaksanakan sejak tanggal 3 Januari 2011.. akan tetapi, ada beberapa permasalahan yg menyebabkannya tertunda sampai tanggal 13 ini.. surat yg datang dari pusat, mengenai penugasan TPL tertanggal 3 Januari 2011 baru datang (difax) tanggal 7 Januari.. dan kami baru diberitahukan dinas pada tanggal 10 Januari.. surat tugasnya baru selesai dibuat oleh dinas perindustrian propinsi besok harinya tanggal 11 Januari.. dan aku baru memulai tugasku tanggal 13 Januari.. sepertinya ingatanku untuk tanggal 12 Januari terhapus, hehee.. lupa.. ga ingat tanggal itu sedang apa..

tanggal 13 Januari, pertama kali aku turun langsung ke lapangan, bareng Vega yg senantiasa menemaniku kemaren, hari ini dan yg akan datang, hehee.. jalanan yg ditempuh lumayan jauh, 1 Jam perjalanan lebih 15 menit.. dengan kecepatan maksimal 90kmph.. Alhamdulillah jalannya lumayan mulus, akan tetapi jalanannya cukup berbahaya jika tidak hati hati, banyak tikungan tajam dengan gunung di kanan dan sungai di kiri.. ada juga tanjakan curam dan turunan curam..

tugas pertamaku adalah menyampaikan surat tugas tersebut ke kadis kopperindag gorut..
sementara menunggu surat tersebut diproses, dan menunggu kasubdin perindustriannya, aku membaca kembali pedoman teknis penyuluhan, banyak banget yg aku baru tau saat itu, perencanaan semuanya tercantum disana.. hahaa,, barusadar.com

beberapa saat kemudian, datanglah kasubdin perindustrian, disini aku mendiskusikan beberapa masalah dan teknis penyuluhan untuk tugasku nanti, salah satunya adalah masalah Daftar Hadir Kegiatan,,
aku sangat berterima kasih sekali pada kasubdin perindustrian gorut karena telah memberikan waktunya dan memberikan sarannya terhadap kegiatanku ini..
selesai mendapatkan format daftar hadir dari kasubdin perindustrian, aku menentukan perjalananku selanjutnya yakni ke Industri Tahu di Desa Leboto Kecamatan Kwandang.. hanya beberapa ratus meter dari kantor perindustrian..

alhamdulillah, mendapatkan sambutan baik dari pengusaha tahu tersebut, yaaa.. karena memang 1 bulan sebelumnya sudah diperkenalkan oleh staf subdin perindustrian, hehee..
disana aku melakukan sedikit wawancara pada pengusaha tahu tersebut, identifikasi usahanya.. kemudian cerita-cerita sedikit tentang usahanya, sharing dan akhirnya malah saling curhat, hahaa..
dia sempat bilang kalau dia tidak mengharapkan bantuan dari dinas, tapi setidaknya perhatikan, dan rasakan seperti apa perkembangan usahanyaa,, mendapatkan perhatian itu perlu untuk mereka..
kegiatanku hari itu berakhir pada pukul 12.30, selanjutnya aku mencari masjid terdekat untuk istrahat sejenak dan shalat dzuhur..

selesai smuanya, pukul 13.00 aku berangkat kembali ke kota bersama si Vega,, hehee..
kira-kira pukul 14.15 baru sampai di kota, langsung menuju ke dinas propinsi untuk melaporkan kegiatan hari itu.. setelah itu pulang deh.. hehee...

14 Januari 2011
disini, karena bertepatan dengan hari jumat, saya hanya berencana untuk ke dinas untuk mendiskusikan beberapa permasalahan teknis mengenai tugas kami.. salah satunya adalah rencana kerja.. ada juga membahas anggaran dan sedikit tips teknik penyuluhan.. itu smua kami dapatkan dari kasie industri perikanan dan juga pemegang anggaran..

15 Januari 2011
hari ini hari sabtu, kami merencanakan diskusi mengenai anggaran yg disapampaikan industri perikanan kemaren bersama TPL Gorontalo,, diskusi ini bertempat di rumah salah satu TPL Gorontalo,, dimulai pukul 11.00 dan berakhir pukul 14.30

17 Januari 2011
hari senin, pekerjaanku dimulai lagi,, hari ini aku berangkat mengejar jam kerja 08.00, jadi aku berangkat pukul 06.30 dari rumah.. alhamdulillah, ALLAH melindungiku selama dalam perjalanan..
jalan menuju kantor melewati kantor bupati dengan halaman yang luas, rupanya hari itu ada apel korpri, jadi aku menebak orang di kantor pasti tidak ada.. tapi aku tetap terus bergerak ke arah kantor.. sesampainya di kantor diskopperindag, aku kaget, kantornya tutup,, seingatku kemaren waktu datang kesini, mereka mau pindah kantor, tapi setahuku pindahnya hari selasa...
segera kuambil hp dan mengirim pesan ke staf perindustrian,, aku mendapat balasan, kantornya berada di perbatasan desa leboto dan mootinelo..
segera balik arah dan melaju ke desa mootinelo.. alhamdulillah kantornya ketemu.. sesampainya disana ternyata ada 1 pegawai yg tidak ikut apel korpri, alasannya karena dah telat,,
apel korpri selesai sekitar pukul 09.00, setelah itu aku menyampaikan tujuanku ke kantor, yakni untuk mengunjungi industri gula aren di desa bualemo, di bawah gunung hahaa..
berangkatlah diriku ke desa bualemo, memakan waktu sekitar 1 jam.. dengan jalanan yang penuh bebatuan..
sesampainya disana, alhamdulillah disambut baik oleh pengusahanya/istrinya, yaaa karena memang kayak ikm tahu tadi, sudah diperkenalkan sebelumnya,,
disini aku memanfaatkan waktuku untuk mengidentifikasi usaha dan masalah industri gula merah ini..
pembicaraan terus berlangsung dengan berbagai permasalahan dari mereka...
masalah utamanya adalah PEMASARAN,, disini saya diminta untuk mencari pengumpul gula aren,,
selesai curhatan mereka,..
aku kembali melaju keluar dari desa bualemo.. tujuan berikutnya adalah industri tahu yg kemaren dikunjungi.. kegiatan yg direncanakan adalah identifikasi masalah industri tahu tersebut.. dari wawancara yg dilakukan, ternyata masalah utamanya adalah bahan baku yakni kedelai..
pengusaha ini mengambil bahan baku dari kota,.. yang menjadi keluhannya adalah biaya angkut dari kota ke kabupaten gorut..
selesai identifikasi masalah industri tahu akhirnya saya kembali ke dinas kopperindag gorut, untuk mendiskusikan masalah industri gula aren dan industri tahu dengan kasubdin perindustrian,, alhamdulillah disambut baik.. dan disini, aku mendapatkan tugas untuk mencari seorang pengumpul gula aren, di wilayah kabupaten gorontalo, tepatnya di pasar bongomeme, kecamatan bongomeme, di desa kaliyoso..
selesai mendapatkan informasi tersebut, saya kembali melaju menuju kota..

Qadarallah.. ban bocor..

tidak terasa, kecuali pada saat mau belok, motor serasa mau kepeleset.. saat berhenti, baru tau kalo bannya memang bocor.. alhamdulillah, ada beberapa orang yg sedang duduk-duduk di sebuah tempat yg sudah disiapkan mereka,, dari merekalah aku bertanya tempat tampal ban terdekat, dan alhamdulillah tampal bannya memang dekat..
aku memaksa Vega untuk tetap berjalan sampai ke tampal ban terdekat..
kira-kira ada setengah jam waktu yg dihabiskan menunggu ban vega ditampal..
selesai sudah.. aku kembali melaju ke kota..

sesampainya di kabupaten gorontalo, aku menyempatkan diri untuk mengunjungi dinas perindustrian kabupaten gorontalo, untuk mencari informasi disana..
alhamdulillah disana ada salah satu mantan tenaga penyuluh lapangan,, disanalah saya mencari informasi mengenai pengumpul kedelai di kabupaten gorontalo untuk menyelesaikan masalah industri tahu.. berdasarkan informasi yg diberikan, ada salah satu toko yg memang menjadi pensuplai kedelai di kabupaten gorontalo,, alamat dan nama pemilik diberikan kepadaku..
keluar kantor, aku mencoba mencarinya.. malu bertanya sesat dijalan.. itu yg kudapat.. akhirnya setelah muter-muter 2x.. aku putuskan untuk segera ke kota,, ke dinas perindustrian propinsi,,
sampai disana saya berusaha mencari informasi tentang pengumpul gula aren dan pemasok kedelai..
semua informasi saya catat untuk direncanakan pada hari berikutnya..

18 Januari 2011
hari ini.. aku merencanakan untuk mencari alamat pemasok kedelai yg kemaren diperoleh... saya mencoba bertanya pada salah satu penjual es di sekitaran kantor dinas perindustrian kab. gorontalo..
alhamdulillah, ternyata pemasok tersebut dikenal di wilayah kabupaten.. aku menemukan alamat lengkap dari bapak penjual es tersebut.. terima kasih banyak ya pak..
segera aku menuju ke toko yg dimaksud.. waduh.. rupanya yg dimaksud adalah pasar.. yaa.. pasar limboto.. rame banget tentunya..
kucoba bertanya lagi pada salah satu satpam di sana.. toko yg dimaksud kelihatan dari tempat aku bertanya, jadi dengan mudahnya aku bisa langsung menuju kesana..
sesampainya di toko tersebut.. aku memperkenalkan diri sebagai orang dari dinas perindustrian propinsi.. hehee..
ahamdulillah disambut baik.. informasi bermanfaat diperoleh dari sana.. dimana mereka mengambil kedelai, dan kemana mereka menjualnya, berapa harga jualnya, dll..
selesai mendapatkan info tersebut.. dinas pertanian yg menjadi tujuanku selanjutnya.. aku sangat berharap mendapatkan informasi tentang petani kedelai disana...
Qadarallah.. ternyata orang-orang dinas pertanian sedang turun lapangan..
tujuan selanjutnya adalah dinas pertanian propinsi... hehee.. kalo kabupaten ga dapat.. yaa ke propinsi laa..
disini saya mendapatkan informasi bermanfaat mengenai luas lahan yg tersedia dan jumlah bibit yg ditanam.. setelah dihitung-hitung ternyata produksi untuk tahun 2010 ada sekitar 37.000 ton...
dinas propinsi hanya memiliki data umum seperti itu,, untuk teknisnya mereka tidak punya.. jadi saya ditugaskan untuk mencari tahu.. apakah benar ada lahan sejumlah 250 ha di kabupaten gorontalo?! kalo ada kemana produksi sebanyak 37.000 ton itu dipasarkan...
kegiatanku hari itu selesai di dinas perindustrian propinsi.. disana masih sempat mencari informasi tentang pengumpul gula aren dan pemasok kedelai..

19 Januari 2011
hari ini,, aku merencanakan untuk mendatangi pengumpul gula aren di pasar bongomeme, berdasarkan rekomendasi kasubdin perindustrian.. sebelum berangkat ke lokasi, aku menyempatkan diri menghubungi pengusaha tahu untuk menyampaikan informasi yg saya kumpul kemaren..
Qadarallah, informasi tersebut masih belum terlalu bermanfaat untuknya.. karena perbandingan harganya hanya berbeda Rp100,- dari pemasok yg sebelumnya.. saya memastikan untuk mencari info yg lain..
setelah itu, saya segera melaju ke pasar bongomeme..
alhamdulillah, disana saya langsung bertemu dengan kepala desa kaliyoso yg sedang menunggu teman-temannya untuk bersama-sama pergi rapat.. bersama pak kades saya bertanya tentang pengumpul gula aren yg dimaksud.. pak kades segera menelpon staf kantor desa untuk menanyakan orang yg dimaksud.. Qadarallah staf tersebut tidak mengetahuinya..
aku diberikan saran untuk mendatangi para penjual kue di pasar tersebut.. alhamdulillah aku mendapatkan informasi rumah pengumpul gula aren tersebut.. segera saya menuju alamat yg dimaksud,, tapi ternyata alamatnya masih kabur,,
aku mengambil inisiatif untuk mendatangi kantor desa kaliyoso,, alhamdulillah disana saya mendapatkan alamat yg jelas..
kembali saya menuju alamat yg dimaksud..
dirumahnya saya mendapatkan sambutan baik,,
saya sedikit kaget.. rupanya pengumpul yg dimaksud orangnya masih muda.. taksiran saya mungkin masih 25 tahun.. dia sedang dalam masa pra nikah..
disini, lagi lagi saya memperkenalkan diri sebagai orang dari dinas perindustrian propinsi..

alhamdulillah diskusi kami berjalan lancar, dengan tema diskusi menyangkut pemasaran gula aren..
dia cerita bahwa dia sudah pernah ke industri gula aren binaan saya.. jadi saya sedikit optimis, karena banyak pujian yg dilontarkan untuk produknya, tapi tidak untuk pengusaha gula arennya, karena disanalah dia sedikit kecewa..

singkat cerita, saya mendapatkan konfirmasi darinya untuk mencoba menjalin kembali kerjasama pemasaran gula aren... tapi.. setelah pernikahannya yg insyaALLAH berlangsung tanggal 31 Januari.. jadi dia akan memulai tugasnya lagi pada awal februari nanti..

selesai dari sana.. saya bersegera menuju isimu, untuk nantinya ke sentra dodol di desa reksonegoro..
Qadarallah.. Tersesat.. lagi lagi.. malu bertanya sesat dijalan... berlaku buatku..
begitu bertemu penduduk setempat, saya segera bertanya apakah jalan ini tembus ke isimu atau tidak,, rupanya kalau mau ke isimu saya harus muter balik kembali ke pasar bongomeme tadi,, tapi saya sudah setengah jam perjalanan dari sana.. jadi ibu tadi menyarankan untuk tetap jalan terus dan belok kanan dipertigaan nanti..

alhamdulillah akhirnya keluar juga dari sana..

tujuan berikutnya adalah sentra dodol di reksonegoro..
awalnya saya berencana mau mengajak kerjasama bahan bakunya. yakni gula aren.. tapi karena saya sudah mendengar dari beberapa pedagang gula aren di pasar bongomeme tadi, niat saya, saya urungkan...

selesai dari sentra dodol... segera saya melaju kembali ke kota.. dengan perencanaan selanjutnya, yakni singgah dulu di dinas pertanian.. masih mencari informasi petani kedelai..
Qadarallah.. orang dinasnya ada.. tapi yg memegang informasinya tidak ada.. jadi saya putuskan untuk kembali ke rumah....

kegiatan saya hari itu berakhir pukul 14.30...

20 Januari 2011
1 minggu yg lalu tepatnya tgl 13 Januari 2011, Surat Tugas untuk tugas penyuluhan sudah selesai dibuat, dan mulai tanggal tersebut tugasku sebagai TPL mendampingi IKM binaan yg telah ditentukan sebelumnya dimulai,..

aku tidak akan berbicara kegiatanku seminggu yg lalu..

kegiatanku hari ini menghadiri diskusi bersama TPL Gorontalo, dan Kepala UPL untuk membedah buku Pedoman Teknis Pelaksanaan Penyuluhan Industri Kecil dan Menengah Oleh Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (TPL-IKM) Program Beasiswa Departemen Perindustrian,.

diskusi ini berlangsung dari pukul 09.15 sampai pukul 12.15.
di dalamnya membahas beberapa poin-poin yg kurang dimengerti, salah satunya masalah penyusunan program dan kegiatan dalam bentuk proposal untuk pengembangan IKM (halaman 23 buku pedoman teknis)..
dari poin ini saya berencana untuk mengajukan proposal magang ke salah satu industri Gula Aren di Kediri, industri tersebut merupakan industri gula aren dengan orientasi ekspor,.. saya sangat tertarik..

berikutnya juga membahas tentang form dari lampiran-lampiran yang ada..

setelah rapat selesai. aku pulang untuk istrahat makan. setelah itu langsung menuju ke Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo untuk mencari informasi mengenai petani kedelai. Qadarallah, lagi-lagi informasinya tidak kudapat, padahal sudah hari ketiga sejak hari selasa saya datang ke dinas tersebut. Insya ALLAH besok akan kesana lagi...


--capeee nulisnyaa--
Rahmat Igirisa
TPL Gorontalo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar