Sabtu, 22 Januari 2011

Kunjungan Kedua

22 Januari 2011


kegiatanku hari ini adalah mengunjungi industri tahu dan gula aren..
yaa.. berdasarkan rencana.. aku mau mendokumentasikan keadaan disana..

seperti biasa.. sebelum berangkat.. terlebih dahulu si vega dibersihin dulu..
seringkali mendapat teguran dari ibu, karena bagian yg kubersihin hanya body saja.. heheee..
biasanya nyucinya seminggu sekali.. yg penting bodynya tetap mengkilap..

setelah tuu mandi.. dan sarapan kacang ijo rebus dicampur susu vanila.. mayan lah.. buat nahan lapar nanti..

aku mulai berangkat pukul 07.30..
alhamdulillah perjalanannya aman terkendali..
sampai di Pabrik Tahu Gorut.. sekitar pukul 08.45...

aku disambut hangat sama pengusahanya..
pas banget.. proses pembuatannya baru saja dimulai.. yakni proses pemanasan air, sebelum dilakukan pemasakan kedelai yg baru digiling..
sekali lagi.. untuk proses produksinya.. dimulai dari perendaman kacang kedelai.. sementara menunggu perendaman kacang kedelai.. air untuk memasak kedelai dipanaskan terlebih dahulu..
proses selanjutnya adalah penggilingan kacang kedelai menggunakan mesin giling..
setelah itu kedelai yg sudah digiling dimasukkan ke tungku untuk dimasak..

sampai disini bersambung dulu.. hehee..
prosesnya masih lama.. jadi kuputuskan untuk berangkat ke industri gula merah..

sekitar pukul 10.30 aku berangkat ke desa bualemo.. ke industri gula merah..
sampai disana sekitar pukul 11.00...

alhamdulillah disambut baik juga..
kali ini.. tujuanku adalah melihat langsung proses pembuatan gula arennya..
karena dah kesiangan.. jadinya aku diantar sama anak si pengusaha..
lokasi pabriknya di atas gunung.. memakan waktu 15 menit dari bawah untuk mendaki ke lokasinya..
jalanannya menyusuri jalan setapak.. melewati 2 sungai,, hahayyy...
akhirnya sampai juga di lokasinya..

..memprihatinkan..


itu yg bisa kuucapkan..
yaah.. ciri khas industri mikro.. sangat sangat sederhana..
berdindingkan pitate.. beratapkan rumbia.. hahaaaa..

rupanya.. 1 orang 1 tempat.. katanya masih ada di atasnya lagi.. hhrrrr... baru nyampe sini aja aku dah ga kuat..

aku hanya bisa melihat proses pemasakan nira..
proses selanjutnya adalah pencetakan pada tempurung kelapa..

aku tidak sempat mendokumentasikannya.. fasilitasnya ga terlalu baik..

sekitar pukul 12 kurang 15 menit aku pamitan untuk pulang..
pukul 12 tepat baru sampai di bawah..
kemudian ke rumah pengusaha.. untuk membeli gula semut..
setelah itu balik ke pabrik tahu..

tapi sebelumnya istrahat sejenak dulu..

setelah shalat dzhuhur.. aku bersegera ke pabrik tahu..
singgah di warung sebentar untuk mengisi perut.. kemudian lanjutkan perjalanan..

sesampainya di pabrik tahu.. ternyata prosesnya sudah memasuki tahap akhir, yakni pencetakan..
memerlukan waktu setengah jam sampai selesai dan siap untuk dijual..
karena masih harus menunggu.. sementara jam sudah menunjukkan pukul 13.00..
aku segera pamitan dan melaju ke kota..

kegiatanku hari ini berakhir...

Qadarallah.. di jalan ketemu air yg jatuh dari langit..

basahh.. brrrr.... dingin banget.....

Rahmat Igirisa
TPL Gorontalo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar